12 TIPS MENJAGA MATA AGAR TETAP TAJAM

1. Hindari menggosok mata Anda

Mata gatal dapat menjadi gejala khas dari alergi, dan meskipun menggosok dapat meredakan gejala sementara, hal itu pada akhirnya meningkatkan pembengkakan dan memperparah rasa gatal. Jika Anda memakai lensa kontak, mengucek mata juga bisa membuat lensa terlepas atau bahkan pecah, sehingga lensa hilang atau menggores kornea. Selain itu, menggosok mata dapat menyebabkan infeksi mata, karena tangan kita biasanya dipenuhi oleh sejumlah kuman.

2. Cuci tangan Anda secara teratur

Konjungtivitis (mata merah muda) sering kali disebabkan oleh kuman dan bakteri yang dibawa ke mata Anda oleh tangan yang tidak bersih. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air hangat membantu menjauhkan bakteri dan mencegah kontaminasi mata. Sebelum memasang atau melepas lensa kontak, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun lembut dan mengeringkannya menggunakan handuk bebas serat.

3. Waspadai sinar UV

Dengan mengekspos diri Anda ke sinar matahari dan sinar UV, Anda meningkatkan risiko terjadinya degenerasi makula dan sengatan matahari kornea. Selain menambahkan gaya dan semangat pada penampilan Anda, kacamata hitam juga harus melindungi mata Anda dari sinar UV yang berbahaya. Bicaralah dengan dokter mata Anda tentang opsi berbeda yang tersedia untuk orang yang memakai kacamata resep atau lensa kontak juga, untuk menjaga mata Anda tetap aman di bawah sinar matahari.

4. Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh Anda secara keseluruhan – dan itu termasuk mata Anda. Di antara komplikasi lainnya, jika Anda tidak memiliki cukup cairan di tubuh Anda, hal itu berdampak pada produksi air mata dan dapat menyebabkan mata kering dan iritasi. Minumlah! “

Banyak penyakit mata dapat dengan cepat dan mudah didiagnosis selama pemeriksaan mata komprehensif. Jika Anda didiagnosis menderita penyakit mata, seperti Katarak, Glaukoma, Degenerasi Makula, Retinopati Diabetik, atau Mata Kering, Anda mungkin kewalahan dengan diagnosis tersebut dan bingung tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Apakah Anda memerlukan pengobatan atau pembedahan – sekarang atau di masa depan? Dokter mata Whitby kami telah menyiapkan jawaban berikut untuk pertanyaan Anda tentang penyakit mata.

5. Jangan merokok

Butuh motivasi ekstra untuk berhenti merokok?

Perokok lebih rentan mengalami degenerasi makula terkait usia, katarak, dan kondisi mata lainnya. Merokok juga dapat merusak saraf optik, yang dapat mempengaruhi penglihatan Anda seiring waktu. Jadi pikirkan dua kali sebelum Anda menyala, dan bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan bantuan untuk berhenti.

6. Makan makanan yang sehat

Makan banyak buah dan sayuran untuk memastikan bahwa diet Anda kaya akan antioksidan, seperti Vitamin A dan C. Ini dapat ditemukan di sayuran hijau (ibumu benar tentang bayam!), Sayuran jeruk (pikirkan, wortel dan ubi jalar) dan buah jeruk. Selain itu, ikan berlemak seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 esensial yang juga meningkatkan kesehatan mata.

7. Jaga jarak yang sehat dari layar

Hentikan ketegangan mata digital sejak awal dengan memosisikan monitor komputer Anda sejauh satu lengan dari mata dan 20 derajat di bawah ketinggian mata. Idealnya, bekerja di ruangan dengan pencahayaan tersebar yang cukup untuk mengurangi stres pada mata Anda akibat cahaya komputer.

8. Ingat aturan 20-20-20

Berbicara tentang komputer, pernahkah Anda mendengar tentang aturan 20-20-20? Saat menggunakan perangkat digital, istirahatkan mata Anda setiap 20 menit dengan melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik terus menerus.

Setelah Anda melakukannya, berkedip 20 kali berturut-turut untuk mencegah mata kering, dan biasakan untuk bangkit dari tempat duduk Anda dan ambil 20 langkah untuk meningkatkan postur tubuh dan sirkulasi darah yang baik, yang juga membantu penglihatan Anda. “

9. Hati-hati dengan riasan mata

Pastikan perona mata, maskara, dan eyeliner Anda tidak menyebabkan reaksi alergi pada mata. Biasakan melepas riasan sebelum tidur untuk menghindari penumpukan bakteri dari sisa riasan yang tertinggal di area mata. Dan, dari waktu ke waktu, bersihkan kuas make up Anda, terutama yang digunakan untuk mengaplikasikan kosmetik di sekitar area mata.

10. Tidur itu emas

Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata Anda perlu istirahat. Jadi pastikan Anda menutup mata dalam jumlah yang cukup (8 jam) setiap malam agar mata Anda tetap segar dan sehat.

11. Kenakan kacamata pelindung

Apa pun yang Anda lakukan, pastikan mata Anda terlindungi dengan baik. Jika Anda berenang, kenakan kacamata pelindung untuk mencegah klorin masuk ke mata Anda. Jika Anda berkebun atau terlibat dalam proyek DIY di rumah, kenakan kacamata pengaman untuk menjauhkan partikel debu dan bakteri serta mencegah cedera mata. Tanyakan kepada dokter mata setempat Anda tentang kacamata pelindung untuk olahraga dan aktivitas lainnya.

12. Kunjungi dokter mata Anda secara teratur

Jangan meremehkan pentingnya pemeriksaan mata rutin, baik Anda memerlukan resep terbaru atau tidak. Bahkan jika Anda dapat melihat dengan baik hari ini, pemeriksaan mata yang komprehensif dapat mendeteksi tanda-tanda awal penyakit dan kondisi mata sebelum gejalanya terlihat, seperti glaukoma, diabetes, lubang retina yang dapat ditemukan. ld menyebabkan ablasi retina, dan kanker seperti melanoma. Deteksi dan penanganan dini dapat mencegah komplikasi lebih lanjut dan kehilangan penglihatan yang serius.

Hanya dokter mata yang memiliki pengetahuan, pengalaman, alat, dan teknik yang diperlukan untuk menentukan apakah Anda mengidap ini atau kondisi mata lainnya. “” Direkomendasikan agar setiap orang mendapatkan pemeriksaan mata komprehensif sekali setahun (atau setidaknya setiap dua tahun). Anak-anak, yang matanya berkembang pesat, dan orang yang berisiko lebih tinggi mengalami masalah mata seperti penderita diabetes dan orang tua, perlu menjalani pemeriksaan mata lebih sering: minimal, setiap tahun.

Selama evaluasi, dokter mata akan memeriksa hal-hal seperti:

Rabun jauh, rabun jauh, astigmatisme dan / atau presbiopia Koordinasi mata Tes saraf optik dan tekanan mata untuk melihat glaukoma Penting juga untuk mewaspadai setiap perubahan dalam penglihatan Anda. Jika Anda mengalami penglihatan kabur atau ganda, penglihatan memburuk, mata merah, sakit mata, bengkak atau floaters, hubungi Dr. Gary Stocker.

Gabungkan tip dan kebiasaan ini ke dalam gaya hidup Anda untuk menjaga kesehatan mata dan kualitas hidup yang tinggi. Milpitas Optometric Group menawarkan pemeriksaan mata komprehensif di Milpitas, California, dan dengan senang hati akan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki tentang cara menjaga penglihatan yang sehat.

Related Posts